Breaking

Minggu, 18 Maret 2018

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Ampuh mengatasinya

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Ampuh mengatasinya
Bagi sobat pengguna smartphone tentu sudah tidak asing dengan problem ini. Problem tentang smartphone lemot memang menjadi problem umum yang dialami oleh sebagian pengguna smartphone. Oleh sebab itu bahasan tentang tips mengalasi android lemot menjadi topik yang menarik dan penting untuk disimak, berikut ulasanya:

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya


Sebelum masuk ke inti permasalahan, perlu untuk sobat ketahui terlebih dahulu tentang penyebab android lemot. agar sobat bisa berhati-hati dan lebih banyak melakukan tindakan pencegahan.

1. Spesifikasi Android

Spesifikasi memang berperan penting dalam performa android. Apabila smartphone sobat tergolong sebagai smartphone entry level maka jangan heran kalau smartphone sobat lemot. Sebenarnya masalah spesifikasi masih bisa diakali, tergantung seberapa bijak sobat menggunakan smartphone. Sesuaikan penggunaan smartphone sesuai dengan kemampuan smartphone, itulah point pentingnya. kebanyakan pengguna memaksakan smartphone mereka untuk bekerja berat diluar kapasitas smartphone. Akibatnya performa smartphone semakin melemah dan bahkan bisa merusak smartphone.

2. memory internal yang penuh

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Ampuh mengatasinya
memory internal berperan penting dalam aktifitas smatrphone. semakin longgar memori maka smartphone menjadi semakin ringan. aturlah penggunaan memori internal sebijak mungkin. jangan sampai storage penuh sehingga menghambat kinerja smartphone sobat.
Tips :
Simpan file multimedia seperti foto video dan dokumen di memory eksternal atau cloud untuk menghindari kekurangan storege pada android. memori internal dikhususkan untuk penyimpanan aplikasi saja.

3. Software Belum di Update

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Ampuh mengatasinya
Pastikan software yang sobat pakai adalah software versi terbaru, baik aplikasi maupun sistem operasi. penggunaan software usang akan menghambat performa android sobat. maka jangan malas untuk selalu update aplikasi dan sistem operasi smartphone sobat.
Tips:
Selalu update aplikasi dan sistem operasi yang sobat gunakan. Bila perlu pasang aplikasi launcher pihak ketiga untuk meningkatkan performa android. Gunakan launcher yang simpel dan ringan agar kinerja smartphone jadi lebih cepat.

4. Terlalu Banyak Menginstal Apss yang Tidak Penting

Semakin banyak menginstal aplikasi maka, memori akan semakin penuh yang berakibat menghambat kinerja smartphone. 
Tips:
Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sema sekali, Jika semua aplikasi yang sobat pasang dianggap penting, sobat bisa memindahkan penyimpanan aplikasinya di memori eksternal, namun biasanya trik ini tidak bisa dilakukan di segala aplikasi atau smartphone.

5.  File Cache Menumpuk

Cahce adalah tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. Ketika sobat mengoperasikan aplikasi, cache akan merekam dan menyimpan semua aktivitas yang pernah dilakukan pada aplikasi tersebut.
Pada dasarnya cache juga dapat mempercepat proses pengoperasian aplikasi. Karena ketika sobat melakukan aktivitas yang sudah pernah dilakukan sebelumnya dan cache sudah merekamnya, maka proses akan menjadi lebih cepat.
Namun file cache yang menumpuk mengakibatkan space memori semakin mengecil dan menghambat performa smartphone.
Tips:
Bersihkan cache secara berkala, atau sobat bisa menginstal aplikasi pembersih cache agar lebih mudah.

 6. Penggunaan Widget yang Berlebihan

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Ampuh mengatasinya
Funsi widget adalah memudahkan kita untuk melakukan aktivitas dengan smartphone. Namun terlalu banyak memasang widget yang tak penting, akan menjadikan smartphone sobat menjadi lemot


7. Kualitas Memori Eksternal

Memori eksternal berfungsi untuk menyimpan bermacam-macam data, hingga aplikasi. Kualitas memori eksternal sangat mempengaruhi kinerja smartphone. Ketika sobat menggunakan memori yang berkualitas maka proses pembacaan dan transfer data akan menjadi lebih cepat.
Tips:
Gunakan memori eksternal yang memiliki cukup ruang dan berkecepatan transfer tinggi.

8. Terlalu Banyak menumpul sms dan log aktivitas

Karena malas menghapus log aktivitas dan sms kebanyakan pengguna smartphone hanya membiarkanya begitu saja, tanpa menghapusnya. Padahal semakin banyak menumpuk log aktivitas maka akan sangat menghambat proses kerja smartphone.
Tips:
Selalu bersihkan log aktivitas dan sms secara berkala, agar smartphone jadi lebih ringan

9.  Kurangi Pemasangan Shortcut Pada Home Screen.

Shortcut pada home screen memudahkan kita ketika hendak mengopersaikan aplikasi tertentu. Namun pemasangan yang berlebihan menjadikan smartphone menjadi lamban dan susah untuk dioperasikan.
Tips:
Gunakan fitur shortcut sesuai kebutuhan, pasang shortcut yang sekiranya penting saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox