Breaking

Selasa, 13 Februari 2018

Menej Kebutuhan, Kontrol Keinginan

Manej Kebutuhan, Kontrol Keinginan
Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi bagi setiap manusia. Kebutuhan bisa saja mempengaruhi kelangsungan hidup, seperti kebutuhan makan, kebutuhan pakaian dan kebutuhan lainya kebutuhan seperti ini dinamakan kebutuhan primer.

Kebutuhan Sendiri dibagi menjadi 3 bagian, selain kebutuhan primer ada juga kebutuhan sekunder dan tersier. Disini tidak akan membahas kebutuhan secara spesifik. Kebutuham yang dibahas disini adalah kebutuhan secara umum saja, dan lebih cenderung ke kebutuhan primer saja.

Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang  yang harus dipenuhi dengan tujuan untuk tujuan tertentu. Keinginan tidak harus dipenuhi, karena keinginan tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup. 
Dalam menjalani kehidupan, kebutuhan dan keinginan selalu muncul.

Keduanya harus bisa kita pertimbangkan, karena dalam kondisi tertentu keduanya tidak bisa kita penuhi. Ada banyak dari kita yang tidak bisa membedakan keduanya.

Akibatnya sesuatu yang seharusnya menjadi keinginan dijadikan kebutuhan, sehingga kebutuhan yang harusnya terpenuhi menjadi tidak terpenuhi.

Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Manej Kebutuhan, Kontrol Keinginan
Tentunya kebutuhan dan keinginan adalah hal yang berbeda. Dalam memenuhi keduanya kebutuhan harus selalu diutamakan, jangan sampai keinginan dinomor satukan sehingga kebutuhan tidak bisa kita penuhi.

Ketika ada hal yang harus kita penuhi maka, maka pikirkanlah apakah hal itu harus kita penuhi?, bagiamana jika tidak dipenuhi?, adakah hal lain yang bisa menggantikan?.

Contoh Seorang ibu yang memilih membeli motor. Sementara anaknya yang sedang sekolah harus membayar ujian, anak yang lainya sedang sakit dan butuh uang untuk membali obat.

Ibu ini memilih membeli motor sementara ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi, yaitu pendidikan dan kesehatan anak. Ibu ini melakukan kesalahan karena tidak memahami kebutuhan dan keinginan, ia memilih membeli motor yang menjadi keinginannya, dan menomorduakan pendidikan dan kesehatan anaknya yang sebebarnya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Pada kondidi tertentu kebutuhan bisa saja berubah menjadi keinginan. Bahkan kebutuhan yang sifatnya pokok pun bisa berubah menjadi keinginan yang tidak perlu.

misanya makan, Makan merupakan sebuah kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi, manum apabila makan harus di restoran mahal, maka sudah tidak lagi dikatakan kebutuhan melainkan keinginan. Untuk itu kita perlu hati-hati dan selektif dalam memenuhi kebutuhan.

Kebutuhan seseorang akan berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi orang tersebut. Bisa saja bagi sebagian orang hal ini merupakan kebutuhan namun bagi sebagian orang lain adalah keinginan.

Contoh seorang anak yang minta dibelikan laptop agar bisa bermain game, dan mahasiswa yang ingin membeli laptop untuk memudahkannya dalam mengerjakan tugas. Pada contoh pertama menunjukan bahwa seorang anak tersebut sedang memiliki keinginan, karena bermain game bukanlah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Sedangkan pada contoh kedua menunjukan bahwa mahasiswa tersebut sedang memiliki kebutuhan, karena mengerjakan tugas adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang mahasiwa.

Sortir mana kebutuhan? mana keinginan?, buat skala prioritas

Manej Kebutuhan, Kontrol Keinginan
Jika kebutuhan dan keinginan  sudah di pisahkan, selanjutnya buatlah list kebutuhan dan keinginan, Ingat kebutuhan selalu diutamakan.

Buatlah skala prioritas mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Selanjutnya list keinginan dan buat juga skala prioritas pula. Apabila semua kebutuhan sudah terpenuhi, maka keinginan bisa anda penuhi.

Ingat !! Kebutuhan Lebih Utama

Jangan lupa untuk selalu utamakan kebutuhan diatas keinginan, dan jangan tergoda untuk selalu mengikuti keinginan karena keinginan manusia tidak terbatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox