Breaking

Kamis, 18 Januari 2024

Hedonic adaptation : dinamika kebahagiaan manusia yang menarik

Dalam menjalani hidup, seringkali kita berada dalam rentang perasaan yang ekstrim dan dinamis. Merasakan kebahagiaan yang memuncak setelah meraih Sesuatu yang diinginkan, atau merasakan kekecewaan yang mendalam setelah mengalami musibah atau kegagalan. Ternyata dibalik roller coaster emosional ini terdapat sebuah konsep psikologis yang menarik yang dikenal sebagai “hedonic adaptation”. yang merupakan suatu mekanisme yang mempengaruhi tentang bagaimana kita merespon perubahan perasaan yang signifikan dalam hidup kita. 
 

Hedonic adaptation merupakan kecenderungan alami manusia yang secara relatif cepat mengembalikan tingkat kebahagiaan ke level stabil. Meskipun kita mengalami peristiwa sulit yang dapat mengubah suasana hati. Pada akhirnya suasana hati atau level kebahagiaan kita akan menuju kepada titik keseimbangan, seiring berjalannya waktu. Ungkapan “ waktu yang akan menyembukan” sangat cocok dengan konsep hedonic adaptation ini.

 

Hedonic adaptation melibatkan kemampuan psikologis kita untuk menyesuakan diri dengan perubahan. Misalnya ketika kita mencapai suatu tujuan, mugkin awalnya kita merasakan kebahagian yang luar biasa. Namun seiring berjalannya waktu, kebahagiaan itu akan mereda karena kita menjadi terbiasa dengan situasi atau keadaan tersebut. begitupun dengan penderitaan yang pada akhirnya kita akan terbiasa dengan penderiaan tertentu, yang awalnya terasa berat.Pemahaman tentang ini akan memberi sudut pandang baru tentang bagaimana memandang kebahagiaan atau penderitaan.

 

Seringkali kita terjebak dalam anggapan bahwa pencapaian materi atau kebahagiaan eksternal akan memberikan kebahagiaan abadi. Namun konsep ini mengingatkan kita bahwa kebahagiaan berasal dari faktor faktor yang lebi mendalam dan berkelanjutan.

 

Intinya hedonik adaptation adalah sebuah fenomena yang memberikan gambaran tentang elastisitas kebahagiaan manusia.dengan memahami ini kita bisa membentuk perspektif yang lebih seimbang terhadap pencapaian, perubahan dan kondisi hidup. Kebahagian sejati seringkali bukan hanya berasal dari situsi eksternal, tetapi juga dari bagaimana kita memandang dan mengelola perubahan dalam perjalanan hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox