Breaking

Kamis, 22 Februari 2018

Fitur Smartphone Yang Wajib Anda Coba

Dikatakan smartphone Karena gadget ini memiliki segudang fitur yang memudahkan pekerjaan kita. Namun banyak diantara kita yang belum menyadari akan hal tersebut, sehingga smartphone hanya digunakan untuk aktifitas telefon, sms, internetan dll, yang sebenarnya aktifitas semacam ini bisa dilakukan tidak harus menggunakan smartphone.

Sebagai pengguna yang pintar tentunya hal semacam ini tidak boleh dibiarkan. Sangat sayang apabia sobat hanya menggunakan sedikit dari segudang fitur yang disediakan smartphone, sementara haga smartphone sangat mahal. Berikut adalah fitur yang bisa dilakukan dengan smartphone

Scan Tulisan Menggunakan Kamera Smartphohe

Fitur ini digunakan untuk mencopy tulisan dalam bentuk hardware, (bisa tulisan dalam kertas) mejadi tulisan dalam bentuk software. Fitur ini tentunya memudahkan sobat untuk melakukan aktifitas menulis.

Sobat tidak harus menulis ulang tulisan yang ada pada kertas. Cukup dengan kamera. Secara otomatif tulisan akan ter scan dan munculah tulisan hasil scan tadi ke layar smartphone sobat. Masih jarang orang yang mengetahui trik ini.

Adapun cara menggunakan fitur ini adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi google translate. Pastikan apilikasi google translate sudah terinstal di hape sobat, kemudian operasikan google translate di hape sobat. Pilih bahasa sesuai dengan teks yang akan sobat copy. Klik logo kamera, sejajarkan tulisan yang ada pada kertas sesuai dengan petunjuk di aplikasi google translate dan foto tulisan tersebut.

Aplikasi akan men scan tulisan dan tulisan akan otomatis ter block. Pindahkan tulisan yang telah ter block ke aplikasi pengolah kata, untuk melakukan editing lebih lanjut.

Translate Berbagai Bahasa

Masih menggunakan aplikasi yang sama, fitur ini adalah salah satu produk dari google. Fitur ini memudahkan sobat untuk melakukan translate dari ke berbagai bahasa. Ratusan bahasa tersedia disini. Hasil translate nya pun cukup akurat

Pergi Jauh Anti Nyasar Dengan Bantuan GPS

Dengan GPS maka sobat bisa mengetahui dimaka lokasi sobat. Bahkan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang memanfaatkan GPS, sobat bisa mengetahui berbagai lokasi yang dilengkapi dengan fitur penunjuk arah. Tentu ini akan memudahkan sobat untuk menuju berbagai lokasi. Untuk aplikasi yang menyediakan fitur penujuk arah sobat bisa mencoba menggukanan google maps, waze, dan banyak aplikasi lainya yang dapat sobat temukan di apps store


 Cetak Dokumen Dari Smartphone

Fitur ini sudah ada sejak google meluncurkan lollipop. Fitur print memungkinkan sobat untuk melihat dan mencetak langsung dokumen dari smartphone ke printer. Syarat untuk menggunakan fitur ini dalah smartphone dan printer terhubung melalui jaringan wifi yang sama.


Transfer Data Menggunakan NFC

Fitur ini memungkinkan untuk melakukan transfer data antar smartphone dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan kedua smartphone tersebut. Metode ini biasanya digunakan untuk membantu proses pembayaran di kartu kredit atau debit. Sayangnya hanya sedikit smartphone yang dilengkapi dengan fitur ini. 

Namun ada Alternatif lain untuk melakukan transfer data ke sesame smartphone atau bahkan PC atau laptop. Yaitu dengan memanfaatkan jaringan wifi. Sobat hanya perlu menginstal aplikasi pembantu untuk melakukan transfer. Biasanya aplikasi yang popular digunakan adala share it. Sobat bisa mengunduh di playstore dengan gratis.

 Face Unlock


Fitur ini sudah ada sejak munculnya android kitkat. Dengan fitur ini sobat bisa membuka kunci smartphone hanya dengan scan wajah. Namun tidak cukup efektif apabia digunakan pada kondisi cahaya kurang.

Menghasilkan Sinar UV dari Kamera

Sinar Ultraviolet atau sinar uv memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk kesehatan atau bahkan sinar uv juga diaplikasikan di bidang industri. Sinar uv bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone. Caranya adalah dengan menempelkan selotip ke kamera smartphone, dan mewarbainya dengan spidol warna ungu.

Fitur Infrared Sebagai Pengganti Remote

Pada mulanya infrared sudah disertakan di ponsel jadul yang dugunakan untuk melakukan transfer file sebelum bluetooth. Namun karena berbagai kekurangan yang dimikili, akhirnya fitur infrared sebagai alat transfer semakin punah. 

Namun fitur infrared kembali muncul, namun bukan untuk transfer file, malainkan sebagai pengganti remote control alat elektronik seperti tv dan ac. Sobat bisa mencoba fitur ini menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan infrared.


Kompas


Sebagian besar smartphone sudah dilengkapi dengan fitur ini. Fitur kompas memungkinkan sobat untuk mengetahui arah. Tentunya fitur ini akan sangat berguna terutama bagi sobat yang gemar menjelajah alam. Cara kerja kompas ini hampir sama dengan kompas pada umumnya.

Asisten Digital

Fitur ini memungkinkan sobat untuk memerintah smartphone melalui suara. perintah yang bisa dilakukan adalah melakukan panggilan, sms, pengingat jadwal dan perintah lainya. Cara kerja fitur ini adalah dengan memanfaatkan microfon yang ada pada smartphone, yang dikolabirasikan dengan teknologi kecerdasan buatan, analisis bahasa, dan pengolahan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox