Breaking

Selasa, 06 Februari 2018

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Bisa dikatakan menulis merupakan hal yang membosankan, apalagi bagi kita yang baru belajar menulis. Namun tidak bagi sobat yang sudah terbiasa menulis artikel. menulis akan terasa ringan, layaknya kita berbicara. Sobat hanya perlu menuliskan apa yang ada di fikiran sobat higga jadilah sebuah artikel. Namun untuk menjadi seperti demikian tidaklah mudah. Yaa, segala sesuatu butuh proses begitu juga dengan menulis. Sangat wajar apabila kita merasa bosan ketika menulis karena belum terbiasa melakukannya. Maka apa yang harus kita lakukan ?. Mari simak pembahasan berikut ini:


1. Biasakan Membaca

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Membaca adalah awal dari menulis. Dengan memperbanyak bacaan maka akan menambah kosa kata dan pengetahuan sobat. Semakin banyak sobat membaca maka semakin banyak bahan yang bisa sobat tulis. karena untuk menulis, sobat membutuhkan bahan tulisan. yang mana bahan tersebut tidak bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma. Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkannya.

2. Perbanyak Latihan

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Segala sesuatu memang butuh latihan, begitu juga dengan menulis. Semakin banyak sobat latihan menulis, maka semakin banyak pengalaman menulis sobat. Sobat juga akan semakin mudah mengekspresikan ide yang ada di fikiran sobat, karena sudah terbiasa melakukannya. Menulislah sesuatu, bisa pengalaman, tips, atau yang lainnya tidak hanya di blog saja, bisa di media sosial, buku harian atau media lainyya. Dengan begitu menulis akan menjadi aktifitas yang menyebangkan bagi sobat.

3. Menulis di Tempat Yang Nyaman

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Ketika sobat sudah bosan dengan suasana di sekeliling sobat, atau bahkan kebosanan itu bisa menurunkan semangat menulis sobat. Maka cari tempat yang nyaman adalah sesuatu yang harus dilakukan. yaa,, karena lingkungan juga berpengaruh terhadap efektifitas kerja kita. Lingkungan yang kondusif, nyaman, sunyi, dan damai, saya rasa akan lebih menyenangkan untuk menulis ketimbang tempat ramai yang bising. 


4. Menulis Apa yang Sobat Kuasai

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Ini juga hal yang penting untuk dibahas. Ketika kita menulis sesuatu yang kita kuasai maka, pekerjaan menulis akan terasa ringan. Karena selain sobat sudah mencintai bidang yang kita tulis, sobat juga tidak perlu mencari referensi lain. Selain itu sobat juga akan merasakan feel tersendiri, karena secara tidak langsung sobat sudah membagikan pengetahuan sobat ke orang lain.

5. Jadika Menulis Sebagai Kebisaan

Tips Agar Menulis Jadi Menyenangkan
Untuk point yang terakhir ini, mungkin agak susah untuk melakukannya. Namun ketika sobat suda melakukannya, maka itu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tulisan sobat. Ketika menulis sudah menjadi kebiadaan, maka perlahan menulis akan menjadi kebutuhan bahkan kewajiban bagi sobat. begitu juga dengan kualitas tulisa sobat yang semakin membaik karena sudah terbiasa menulis.

Begitulah tips dari seorang pemula tentang menulis. semoga dapat memberikan manfaat untuk sobat pembaca. silahkan berikan kritik, atau saran melalui kolom komentar. terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox