Breaking

Jumat, 23 Maret 2018

Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan


Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan
Sebagai anak kuliahan, sobat harus pandai-pandai memenej duit pengeluaran agar tidak kebingungan diakhir bulan. Meskipun dapet kiriman banyak setiap bulanya, tidak menjamin bisa sejahtera setiap harinya, apa lagi diakhir bulan, kalau tidak bisa memenej duit dengan benar.

Sebagai anak kuliahan kita memang dituntut untuk bisa lebih dewasa dan mandiri dalam segala hal. Termasuk penggunaan duit. Maka menejemen pengeluaran duit menjadi sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Harapanya setelah membaca artikel ini sobat jangan hanya sekedar tahu saja, tapi praktikan hingga sobat mendapatkan manfaat yang sobat harapkan.



Berikut adalah tips menghemat anak kuliahan:

1. Prioritaskan Kebutuhan Kuliah


Kebutuhan memang selalu muncul tidak mengenal kondisi dompet. Maka sebagai mahasiswa yang cerdas hendaknya sobat bisa memahami kebutuhan yang memang benar-benar penting, terutama kebutuhan pokok seperti bayar sewa kost, makan, beli peralatan mandi, peralatan nyuci dll, dan kebutuhan kuliah seperti buku, kalkulator dan lainya. Kesampingkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak begitu perlu.

2. Masak Sendiri Lebih Ngirit

Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan
Kelemahan mahasiswa jaman sekarang adalah tidak mau masak. Entah karena males atau emang enggak bisa. Kalau males sebaiknya tinggalkan perasaan tersebut, karena memasak sendiri akan sangat lebih efisien dari pada sobat membeli makanan di warung. Masak sendiri juga lebih terjamin kebersihanya dari pada membeli makanan di warung. Maka mulai sekarang jangan males masak kalu mau hidup hemat.

3. Nyuci Sendiri, Jangan Ngendelin Laundry

Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan
Menggunakan jasa laundry memang sangat memudahkan sobat, tapi itu justru membuat sobat menjadi males dan pemborosan juga. Pengeluaran untuk laundry menurut saya adalah pengeluaran yang tidak perlu. Karena pekerjaan itu bisa sobat lakukan sendiri. Selain bertujuan untuk menghemat, nyuci sendiri juga bakalan membuat sobat menjadi rajin. Memang terasa berat karena belum terbiasa, namun jika sudah terbiasa menyuci akan menjadi kegiatan yang ringan

4. Jangan Kebanyakan Main

Main memang kegiatan yang menyenangkan.  selain itu main juga menyegarkan fikiran yang putek karena pusingya kuliah, atau ngerjain tugas. Tapi kebanyakan main juga tidak baik untuk sobat, terutama dompet sobat. Boleh boleh aja main, tapi jangan kalau keseringan. Main maksimal sebulan sekali sudah cukup untuk sekedar menyegarkan fikiran.

5. Hindari Tempat – Tempat Maksiat

Point ini menjadi penting untuk dibahas, karena bisa kita lihat temen-temen kita yang sudah terjerumus ke dunia lain dan susah untuk kembali ke jalan kebaikan. Oleh sabab itu saya saranin lebih baik jangan nyobain aktivitas yang aneh-aneh. Dari pada pergi ketempat yang enggak jelas dan enggak produktif sama sekali, lebih baik pergi saja ke perpustakaan atau tempat lain yang lebih baik.
Hal mengerikan ketika sobat sudah terjerumus ke dunia lain, adalah sulitnya mengelola keuangan. Ketika sudah terbiasa menjalani kehidupan yang enggak jelas tadi, maka sobat akan banyak ngeluarin duit yang nggak jelas manfaatnya. Akibatnya kebutuhan yang seharusnya dipenihi menjadi terbengkalai.

6. Kumpulin Receh Sebanyak-Banyaknya !!

Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan
Meskipun receh itu duit kecil ,namun bisa juga jadi duit besar ketika sobat rajin ngumpulinya. Kebanyakan dari kita, ketika memiliki uang receh maka akan disia-siakan atau bahkan dibuang di sembarang tempat. Akan lebih baik ketika sobat membuat semacam celengan yang khusus duit receh, jadi ketika ada duit receh didompet tinggal masukin aja kesitu, tak terasa lama kelamaan duit receh yang tadinya kecil, bisa nambah uang jajan sobat.

7. Jadilah Wifi Hunter

Tips Ngirit Versi Anak Kuliahan
Harga paket internet yang semakin mahal, menjadikan masalah anak kos semakin kompleks. Tapi jangan khawatir, karena masih ada wifi gratisan yang bisa sobat pakai. Apalagi dilingkukngan kampus. Manfaatkan gasilitas yang ada secara maksimal, bila perlu pindah kost deket kampus agar wifi kampus bisa kejangkau.

8. Bawa Bekal Kekampus

Trik ini mungkin agak susah dilakuin karena kelemahan mahasiswa biasanya males masak. Tapi kalau sobat bener-bener pengin ngirit, cobalah untuk lakukan trik ini. Membawa bekal kekampus akan memperkecil pengeluaran hingga 50%. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox