Breaking

Kamis, 22 Maret 2018

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak


Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak

Kebanyakan dari kita hanya memakai laptop tanpa memperhatikan perawatanya. Padahal laptop merupakan peralatan elektronik yang rentan terhadap kerusakan. Perawatan laptop memang penting agar laptop bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Jenis perawatanya sendiri, akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu perawatan secara fisif atau hardware dan perawatan secara software. Keduanya sangat penting untuk diperhatikan demi ketahanan laptop agar dapat digunakan dalam waktu yang lama

1. Jangan Menggunakan Laptop diatas Kasur

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Kebiasaan yang perlu untuk dirubah ketika sobat sering menggunakan laptop diatas kasur. Untuk beroperasi laptop membutuhkan sirkulasi udara agar suhu komponen tetap normal. Namun ketika sobat menggunkan laptop diatas kasur maka akan menganggu sirkulasi udara pada laptop. Sehingga laptop akan cepat panas dan berpotensi untuk merusak laptop.

2. Bersihkan Layar Laptop Secara Rutin

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Umumnya pengguna laptop adalah malas membersihkan layar laptop. Membersihkan layar laptop bertujuan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada layar. Ketika itu tidak dilakukan maka berbagai macam kotoran akan menempel pada layar laptop sobat.

3. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop dengan cahaya matahari, dikarenakan ada beberapa komponen laptop yang rentan terhadap cahaya matahati.  

4. Hindari Bermain Game Berat Terlalu Lama

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Bermain game berat terlalu lama akan menyebabkan laptop sobat bekerja super ekstra. Apalagi jika spesifikasi tidak sesuai dengan rekomendasi spek minimal game. Maka yang terjadi adalah laptop sobat akan mengalami overheat.

5. Jangan Meletakan Barang Berat diatas Laptop

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Kelalaian sebagian besar pengguna laptop adalah meletakan barang barang diats laptop. Kebiasaan ini tentunya harus segera diubah karena akan merugikan pengguna laptop itu sendiri. Meletakan benda berat diatas laptop akan merusak layar laptop.

6. Brsihkan Optical Drive

Optical Drive adalah salah satu komponen yang rentan terhadap debu. Bersihkan optical drive sacara berkala agar tidak menggangu proses pembacaan data.

7. Gunakan kipas pendingin

Pemakaian laptop yang lama akan menimbulkan suhu panas pada lapto. Alangkah baiknya apabila sobat menambahkan fasilitas pendingin laptop agar temperatur laptop tetap normal.

8.  Bersihkan Bagian Luar dan Dalam Laptop

Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Bersihkan bagian luar laptop, seperti keyboard kesing, hingga layar. Untuk bagian keyboard dan casing bisa menggunakan tisu basah, agar debu mudah terangkat. Untuk bagian layar bisa menggunakan tisu atau bisa ditambahkan cairan pembersih layar bisa kondisi layar sudah terlalu kotor.
Bagian dalam laptop juga perlu untuk dipersihkan dari debu. Jangan luma untuk menambahkan thermal pasta pada proseccor untuk mendinginkan prosessor.

9. Jangan Download dan Instal Aplikasi Sembarangan

Mulailah untuk lebih selektif ketika download dan instal aplikasi. Banyak Virus yang tersebar diinternat dan perlu untuk diwaspadai. Download lah aplikasi pada situs reminya untuk menghindari penggunaan aplikasi yang sudah terinjeksi virus. Jangan lupa untuk instal antivirus untuk antisipasi agar tidak terkena virus.

10. Gunakan Laptop Sesuai Kapasitas

Kebiasaan buruk pengguna laptop adalah memaksakan pekerjaan berat ke laptop. Penggunaan laptop yang tidak sesuai dengan spesifikasinya akan merusak komponen laptop. Karena seluruh komponen dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang bukan kapasitasnya.

11. Jangan Menggunakan Laptop Ketika Ngecas

Kebiasaan umum yang seriing dilakukan pengguna laptop adalah menggunakan laptop sambil ngecas. Kebiasaan buruk semacam ini akan merusak komponen laptop, terutama baterai. Maka sebisa mungkin untu tidak menggunakan laptop ketika sedang ngec12as.

12. Matikan Laptop Sesuai Prosedur

Prosedur yang benar ketika mematikan laptop adalah melalui sistem operasinya. Ada sebagian dari kita yang malas melakukanya, hingga mematikan laptop melalui tombol power. Kebiasaan seperti ini akan merusak prosessor dan harddisk laptop.

13. Jangan Langsung Menutup LCD setelah Digunakan

Alasan untuk tidak menutup LCD laptop sehabis dipakai, adalah karena ketika laptop telah selesai digunakan, maka akan keluar udara panas pada permukaan keyboard. Ketika sobat menutup layar LCD, sementara permukaan keyboard dalam keadaan panas, maka akan merusak layar LCD laptop.
Sebenarnya bisa saja sobat langsung menutup layar laptop sehabis digunakan. Namun pastikan permukaan keyboard dalam keadaan dingin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox