Breaking

Minggu, 29 April 2018

Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman
Zona nyaman adalah kondisi ketika kamu merasa nyaman terhadap suatu keadaan. Target, proses, dan hasil tidak menantang dirimu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Secara umum, manusia menyukai kenyamanan, ketentraman, kesenangan, dan hal lain yang hanya dirasakan di zona nyaman.

Namun zona nyaman adalah zona yang melenakan kita terhadap perubahan. Ketika kamu merasa nyaman berada dalam zona nyaman dan enggan untuk keluar dari zona tersebut, berarti kamu adalah orang yang tidak mau melakukan perubahan.

Keluar dari Zona Nyaman itu Penting !!

Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang dinamis atau selalu berubah, malas keluar dari zona nyaman artinya malas untuk melakukan perubahan. Ketika kamu enggan melakukan perubahan sementara lingkungan terus berubah, maka kamu akan terbelakang bahkan lenyap.

contoh sederhananya adalah seorang pengusaha yang sudah nyaman dengan usaha yang ia jalani. Ia enggan untuk meningkatkan usaha yang ia jalani, karena merasa sudah cukup, dan malas untuk bekerja dan berfikir lebih keras.

Baca Juga >> Untukmu Yang Menyerah Sebelum Berjuang

Sementara itu harga bahan semakin mahal, dan karyawan menuntut untuk mendapatkan gaji lebih. Namun pendapatan perusahaan tidak mengalami peningkatan sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan. Hingga keadaan memaksa pengusaha tersebut untuk menutup usahanya.

Banyak kasus lain yang menggambarkan hal serupa dengan kasus diatas. Intinya hidup adalah tentang perubahan, ketika kamu malas untuk melakukan perubahan maka kehidupan atau kondisi lah yang memasa kamu untuk berubah.


Zona Nyaman dan Tidak Nyaman

Zona tidak nyaman adalah zona yang kamu lewati ketika keluar dari zona nyaman. Istilah yang lebih tepat untuk mengganti istilah zona tidak nyaman adalah zona berani atau ada juga motivator yang mengatakan zona sukses. 

Dikatakan zona berani karena butuh keberanian untuk memasuki zona tersebut. Keberanian untuk berurusan dengan hal baru dan masalah yang lebih kompleks. 

Memang benar, faktanya ketidaknyamanan adalah hal yang dirasakan ketika memasuki zona berani atau zona tidak nyaman. Karena kamu akan menemukan banyak hal baru dan kamu dituntut untuk menyesuaikan. 

Selain itu kamu juga akan dihadapkan dengan masalah yang lebih kompleks yang harus kamu selesaikan. Namun tidak selamanya ketidaknyamanan akan kamu rasakan. 

Ketidak nyamanan hanya akan dirasakan pada saat berproses, sementara tujuan utamanya adalah meraih kesuksesan atau perbaikan diri.

Keluar dari Zona Nyaman
Bedasarkan gambar diatas, zona nyaman berada di dalam zona berani atau zona sukses. Zona nyaman akan semakin meluas ketika kamu mencoba untuk memasuki zona berani. 

Artinya ketika kamu mempelajari sesuatu kemudian kamu berhasil menguasainya maka pada saat itu kamu berhasil memperluas zona nyaman mu.

sebagai ilustrasi, seorang remaja kampung yang sudah terbiasa dengan lingkunganya di kampung ingin pergi ke kota. Konsekuensinya adalah ia harus berani mengambil resiko untuk ke kota, berani mengeluarkan uang dan banyak resiko serta pengorbanan yang ia lakukan untuk pergi ke kota.

Awalnya remaja tersebut mungkin merasakan ketakutan, tetapi ketika ketakutan tersebut ia lawan sehingga ia berhasil pergi ke kota, maka zona nyamanya akan bertambah. 

Awalnya Ia hanya remaja kampung yang nyaman dengan kehidupan kampung, sekarang Ia sudah memiliki pengalaman baru yang ia dapatkan.

kemudan apa yang terjadi jika remaja tersebut takut dan enggan mengabil resiko ?

Ketika keinginan untuk menguasai suatu hal baru meredup, justru ketakutanya yang berkembang, sehingga berhenti belajar dan berusaha maka berbagai kesempatan untuk menikmati hal baru akan musnah.

Itulah yang akan dialami remaja tersebut, Ia tidak akan pernah merasakan indahnya pemandangan kota. Selamanya Ia hanyaakan menjadi remaja Desa yang nyaman dengan keadaanya.

Prinsip dasarnya adalah semakin banyak kamu melakukan perubahan, mencoba hal baru, mencoba mendapatkan sesuatu yang lebih, maka akam semakin luas zona nyaman mu.

Zona Berani adalah Zona Perubahan

Dikatakan zona perubahan, karena disinilah kamu akan berproses untuk melakukan perubahan. Dan inilah satu-satunya jalan untuk melakukan perubahan. Artinya ketika kamu menginginkan perubahan maka, mau tidak mau kamu harus melewati zona ini.

Dipaksa Masuk Zona Berani

Ada kalanya kamu akan dipaksa untuk memasuki zona berani. Siapa yang memaksa? yaitu keadaan.
Ketika kamu malas untuk melaukan perubahan, maka keadaanlah yang akan memaksamu untuk berubah.
Keadaan dalam kehidpan, selalu berubah ubah. jika kamu tidak mau mengikuti perubahan maka kamu akan dipaksa untuk terlibat dalam perubaha.
Contoh sederhana: 
Sekelompok zebra yang hidup di sabana, yang dikelilingi oleh sungai dimana terdapat banya buaya di sungai tersebut. Awalnya mereka merasa nyaman dengan kehidupan disana dan tidak ada sedikitpun keinginan untuk meninggalkan tempat itu.

Toh kalaupun m mau menginggalkan tempat tersebut akan sangat beresiko.  hingga akhirnya tibalah kondisi dimana terjadi kekeringan disabana tersebut, yang mengakibatkan habisnya cadangan makanan yang ada ditempat itu.

Sehingga memaksa kelompok zebra tersebut menyebrangi sungai meski harus mempertaruhkan nyawa.

Dari cerita sedergana diatas, dapat kita ambil pelajaran bahwa zona nyaman tidak selamanya nyaman. ada kalanya kita dipaksa untuk bangkit dan keluar dari zona nyaman. sebelum keadaan yang memaksamu untuk melakukanya, maka lakukanlah..!!

Terjebak Dalam Zona Nyaman

Ada sebuah kisah inspiratif yang bisa kamu baca untuk pernyataan "Terjebak dalam zona nyaman"

Ada seorang pemuda yang sedang malakukan perjalanan menuju ke suatu tempat. Dalam perjalanan ia melihat seekor gajah yang begitu besar diikat menggunakan tali yang kecil.

 sangat mudah bagi gajah untuk mematahkan tali tersebut sehingga ia bisa bergerak bebas. Namun gajah tersebut memilih tidak melakukanya. hingga akhirnya pemuda bertanya kepada pemilik gajah tersebut.

"Mengapa gajah sebesar itu hanya diam saja, sementara ia hanya diikat oleh tali yang kecil?"
Kemudia sang pemilik menjawab "Sejak kecil kami mengikatnya dengan tali yang seukuran dengannya sampai ia dewasa dan sebesar ini"

Pemuda tersebut menggumam "Hewan sebesar itu yang bisa lepas dari tali dan melarikan diri kapan saja, hanya karena dia percaya bahwa tali yang mengikatnya tidak memungkinkan dia untuk melarikan diri"

Dari cerita singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa ketika kapasitas dan kemampuan kamu semakin bertambah, sementara kamu hanya berdam diri dalam zona nyaman. Maka zona nyaman tersebut akan mengurungmu meskipun kamu sanggup melampauinya.

Apakah statemen tadi bertentangan dengan pembahasan sebelumnya, bahwa keadaan akan memaksa kita keluar dari zoba nyaman..?

Tentu saja tidak, justru statemen dan pembahasan diatas sling berhubungan.

Bisa saja kemudia gajah tersebut diancam oleh singa sehingga dia terpaksa memberotak dan memutuskan tali yang melingkar dilehernya.


Kesimpulan

Cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu. Jangan sampai zona nyaman mengikatmu hingga terjebak didalamnya atau kondisi memaksamu untuk keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman bukan berarti meninggalkan zona nyamanmu. keluar dari zona nyamanmu berarti memperluas zona nyamanmu.

Karena semakin kamu mencoba untuk keluar dari zona nyaman, semakin kamu mencoba untuk melakukan hal baru dan melakukan perubahan, maka zona nyamanmu akan semakin bertambah dan meluas.

www.farobi.net
motivasi-islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox