Breaking

Jumat, 20 April 2018

Cara Memasang atau mengganti Template blogspot

Template blog memiliki peran penting dalam sebuah blog. Karena dengan template, tampilan blog menjadi lebih rapi dan menarik.

Blogger menyediakan banyak sekali template yang dapat dipakai secara gratis oleh pengguna. Namun kadang pilihan yang disediakan blogger masih memiliki keterbatasan fitur, sehingga sobat mesti mencari cara lain untuk mendapatkan template yang lebih baik.

Sebelum membahas lebih detai tentang cara memasang template di blog, saya sarankan sobat untuk membaca terlebih dahulu artikel ini >> Cara memilih template (tema) yang baik untuk blog agar sobat tidak salah pilih dalam menentukan template yang akan dipasang.

1. Download Template Blog
Sebelum melakukan pemasang template, hal yang harus sobat lakukan adalah mencari template yang akan dipasang. Ada banyak website penyedia template blog (bisa nyari di google), dari yang gratis hingga berbayar. silahkan sobat pilih sendiri mana template yang pas untuk blog sobat.


2. Cara Memasang Tmeplate Blog
Setelah menemukan template terbaik untuk dipasang, langkah selanjutnya login ke akun blog sobat.
masuk ke menu tema (lihat gambar)

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawa ini :

Klik tombol backup/pulihkan, hingga keluar tampilan seperti ini :


Selanjutnya klik tombol choose file untuk upload template, pilih file template yang telah sobat download ( biasanya ber extensi .xml) kemudian klik upload untuk mengunggah template. Tunggu hingga beberapa saat hingga template terpasang dan siap digunakan di blog sobat.

2. Setting Template
Biasanya setelah mengganti template, tampilan blog akan sedikit kacau dan perlu untuk di perbaiki.
biasanya bagian yang paling error adalah pada bagian tata letak. 


akan ada banyak sekali widget yang tidak berguna namun terpasang pada template blog sobat. sehingga tampilan menjadi kacau dan tidak enak dipandang.



hapus widget yang tidak penting, dan sisakan beberapa yang memang dianggap penting. Saran saya gunakan seminimal mungkin widget blog, agar template semakin ringan dan lebih cepat ketika dimuat d browser.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox